Sabtu, 10 September 2016

Belajar Bahasa Arab


Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan di rumpun bangsa yang berada di timur tengah, saat ini merupakan bahasa resmi 22 negara di dunia dan digunakan oleh sekitar 270 juta orang di seluruh dunia. Bahasa Arab merupakan bahasa utama pada negara-negara Islam, khususnya yang berada di Asia Barat dan Afrika Utara.

Bahasa Arab dianggap sebagai bahasa spiritual agama Islam, salah satu agama besar dunia dengan penganut lebih dari 1 Milyar orang. Bahasa Arab juga salah satu bahasa resmi yang digunakan dalam forum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tertua di dunia yang masih ada sampai saat ini, bahasa Arab juga bahasa asli dari banyak bahasa. Ada teori yang mengatakan bahwa bahasa Arab adalah asal dari berbagai bahasa, dan mereka yang mengadopsi teori ini berlandaskan pada kenyataan bahwa orang Arab dapat melafalkan suara apapun dalam bahasa manapun di dunia dengan mudah. Sementara di lain pihak, banyak orang non-Arab yang kesulitan mengucapkan beberapa huruf Arab yang tidak terdapat dalam bahasa asli mereka (contohnya huruf dhad tidak digunakan dalam bahasa lain manapun di dunia, sehingga bahasa Arab seringkali disebut bahasa dhad).

Dalam ribuan tahun hanya sedikit perubahan yang terjadi pada bahasa Arab, dan bahasa Arab dapat disesuaikan dengan perkembangan jaman, dapat menembus berbagai peradaban yang menggunakannya sebagai bahasa asli mereka.

Bahasa Arab memiliki pengaruh yang besar dalam berbagai bahasa yang ada di dunia saat ini. Sumbangan bahasa Arab yang paling jelas adalah angka Arab yang dipakai diseluruh dunia saat ini, angka Arab yaitu : 0,1,2,3 dan seterusnya. Tanpa menyebutkan banyak kata-kata Arab yang diserap oleh banyak bahasa pada saat ini (algoritma, sugar, kopi, alamat, kabar, dan daftar ini terus bertambah).

Bahasa Arab tetap hidup dan berkembang selama ribuan tahun karena bahasa Arab digunakan Al-Qur'an sebagai kitab suci agama Islam, sehingga menjadikan bahasa Arab menjadi bahasa utama selama lebih dari 1400 tahun peradaban Islam. 

Jenis huruf yang digunakan dalam tulisan Arab disebut Nasekh, merupakan jenis huruf yang umum digunakan dalam bahasa Arab dan merupakan huruf resmi yang digunakan dalam buku-buku cetak, surat kabar dan dokumen resmi.

Berikut kata-kata dalam Bahasa Arab yang sering digunakan :
1. As-salaamu-alaikum = keselamatan atasmu
2. Al-hamdu-lilah = Syukur
3. Ana = Saya
4. Anta = anda (laki-laki)
5. Anti = anda (perempuan)  
6. Mar-haba = halo
7. Ahlan-Wa-Sahlan = selamat datang
8. Shukran = terima kasih
9. Aasif = maaf
10.Kaifa-haluk = bagaimana kabarmu
11.Kam-is-sa'ah = jam berapa sekarang
12. Afwan = permisi
13. Kam = berapa
14. Na'am = Ya
15. La = tidak
16. Mabruuk = selamat
17.Yamiin = kanan
18.Yasar = kiri
19.Ma'as-salama = selamat tinggal


Dari berbagai sumber

6 komentar:

  1. http://www.belajarbahasaasing.com/2016/09/belajar-bahasa-arab.html nice posting

    BalasHapus
  2. http://www.belajarbahasaasing.com terima kasih untuk artikelnya

    BalasHapus
  3. Sangat bagus untuk menambah pengetahuan saya

    BalasHapus