Senin, 26 September 2016

Pengenalan Huruf Mufrod dan Bahasa Urdu

Bahasa Urdu atau Urdu Zabaan adalah bahasa resmi negara Pakistan meskipun dituturkan hanya oleh 8 persen dari semua penduduk Pakistan yang pada umumnya berasal dari kalangan penduduk Muhajir India yang keluar dari India tahun 1947. Bahasa Urdu dan Hindi pada dasarnya sama, namun bahasa Urdu banyak menyerap kata-kata dari Bahasa Arab dan bahasa Persia, sedangkan bahasa Hindi condong menghidupkan kembali bahasa Sansakerta.

Bahasa Urdu adalah bahasa Indo-Eropa dan merupakan bahasa termuda cabang Indo-Aryan. Kata Urdu berasal dari bahasa Turki Ordu yang berarti tenda. Bahasa Urdu pada mulanya berasal dari bahasa Kari Boli yang digunakan penduduk kota Delhi. Bahasa Urdu dikembangkan di bawah Parsi, Turki, Arab, Hindi dan Sansakerta di Asia Selatan semasa Kesultanan Deli dan Imperium Mughal.

Bahasa Urdu memakai sistem bahasa Arab-Persia dengan menambahkan pada huruf-huruf tertentu dan ditulis dalam sistem Nastaliq. Dalam perkembangannya bahasa Urdu terbagi atas beberapa dialek, dialek yang dikenal antara lain Dakhini atau Dekkan yang dipakai di India Selatan. Rekhna adalah dialek yang dipakai dalam sastra Urdu.

Huruf dalam bahasa Urdu menggunakan huruf yang disebut Huruf Mufrod

ا  Alif
ب  Be
پ Pe

ت Te
ٹ 'Te
ث Tse, dibaca S
ج Je

چ Che

 ح He

خ Khe

د  De

ڈ  'De

ر  Re

ڑ  'Re, dibaca seperti pengucapan R dalam Bahasa Inggris
ز  Ze

ژ  Zye

س  Sin

ش  Syin

ص Shod

ض  Dhod, dibaca Z

ط  Toe

ظ  Zhoe

ع  Ain

غ  Ghoin

ف  Fe

ق  Qof

ک  Kaf

گ  Gaf

ل  Lam

م  Mim

ن  Nun

و  Waw

ھ  He

ی  Ye

Dari berbagai sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar