Tampilkan postingan dengan label Bahasa Serawak. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Bahasa Serawak. Tampilkan semua postingan

Rabu, 12 September 2018

Kosa Kata Dalam Bahasa Serawak

Berikut ini beberapa kosa kara dalam bahasa Serawak, bahasa adat daerah negara bagian Serawak, di negara Malaysia.
Iboh = jangan
Kamek = saya
Awak = kita
Percak = sapu tangan
Aok = ya
Asuk = anjing
Sik = tidak
Pusak = kucing
Sik maok = tidak mau
Pozer = peniru
Poyo = penyuka sesama lelaki
Ilek = istirahat
Dolok = dulu
Agik = lagi
Nok ya = yang itu
Madah = memberitahu
Pusuk = ikan bilis
Pembulak = penipu
Kacak = cantik, tampan
Bulak = bohong
Tok = ini
Ya = itu
Kenak = kenapa
Gadong = warna hijau
Tergelei-gelei = kamu pikirkan sendiri
Merinsak = sengsara
Apesal = ada apa
Nyeruk = undang
Pengilan = acara
Rami = ramai
Palat = berhianat
Empengo = malu
Pelangi = anak raja
Meneriak = menjerit
Lejuk = bosan
Bertandak = mendari
Belon = pesawat terbang
Sigek = satu
Dua igek = dua
Berambeh = tinggal bersama
Gago = sibuk
Terusuk = terjatuh
Berekot = berlari
Nang ada = dibenarkan
Embak = bahwa
Ngator = menangani
Sungkey = berbuka puasa
Manok = ayam
Tembikai = buah semangka
Mancal = bandel, nakal
Ntingai = bebal, degil
Merah jambu = kalas
Minuman sejuk = beli es
Kopi peng sigek = es kopi satu
Sigek = satu
Kejawak = manis
Tudung sarang = penutup makanan
Keribang = ubi keledek 
Ngelapar = nyasar
Tabir = belok
 Kamek = saya
Kitak = saya
Kamek suka ngan kita ewh = saya suka dengan anda saja
Sidaknya = mereka
Sidaknya sudah pergi tek = mereka sudah pergi tadi
Ayat = saya suka kamu
Nya = dia
Badannya kurus alu = badan dia sangat kurus
Sia nya kita empun buku = itu dia
Sinun = sana
Ayatnya main bola dekat sinun = dia main bola dekat sana
Sitok = sini
Mak nyuruh kita main bola dekat sitok ajak = ibu menyuruh kita main bola dekat sini saja
Aok = ya
Aok, kamek belom tepon nya gik = ya, saya belum telpon dia lagi
Sik ada = tidak ada
Sik, bukan kamek nok ngambil barang ya tek = tidak, bukan saya yang ambil barang itu tadi
Iboh = jangan
Iboh kita jangan ngaco nya = jangan kita ganggu dia
Kelakar = berbicara
Kamek mok kelakar ngan kitak sebab kamek bosan = saya mau berbicara dengan kamu sebentar sebab saya bosan
Cali = lucu
Cali mena muka saya ya = lucu benar muka saya
Manas = marah
Aiee, iboh laa manas kelak cepat tua
Sine = mana
Sine mok carik alatan sekolah = mana mau cari peralatan sekolah
Kacak= cakep, cantik, tampan
Kacak mena pemandangan dekat sitok = cantik benar pemandangan dekat sini
Kacak mena ompuan tadik ya ewh = cantik benar perempuan tadi itu
Dibah = bawah
Pusak ya ada dekat dibah meja = kucing itu ada dekat bawah meja
Nyaman = sedap
Masakan nok mak kamek masak anang nyaman = masakan yang ibu saya masak memang sedap
Tikam = buang
Iboh tikam sampaj ya dekat luar pejan = jangan buang sampah itu dekat luar atap
Kenja = gatal
Iboh mok mengenja dekat sitok = jangan nanti gatal dekat sini
Angol = pusing
Angol palak kamek dengan olah kitak = pusing kepala saya dengan sikap kamu
Nerais = jerit
Iboh nerais kuatkuat = jangan menjerit keras-keras
Inggar = geram
Inggar sa nyawa kamek = geram rasa hati saya
Nginang = pelihara
Kamek nginang pusak = saya memelihara kucing
Segal = disebabkan
Segal nak makey hp mahal sangguo nak brabis gaji bulan tuk = disebabkan mau pakai telpon genggam mahal malah menghabiskan gaji bulan ini
Mutit = memungut
Bagus belar rajin mun sik kereja mutit sampah = bagus belajar rajin kalau tidak nantinya kerja memungut sampah
Pelan-pelan embak keta = pelan-pelan bawa kendaraan
Nyerin = sangat
Nyerin bingit bunyi radio di pasang kitak ya = sangat nyaring bunyi radio yang dipasang orang itu
Menjus = cemberut
Kenak muka kitak menjus = kenapa muka kamu cemberut
Gerek = orang tua
Kamek sayang ngan gerek kamek = saya sayang dengan orang tua saya
Ngindin =  menumpang pada orang
Ada duit tapi sik meli makanan kedirik pakeinya, ngindin jak kerejanya = ada uang tapi tidak membeli makanan sendiri untuk dia, kerjanya menumpang pada orang saja
Dudi = lain waktu
Hal yang dudi dolok ya = hal itu lain waktu saja
Mengambor = berserakan
Coba kita susun baramg kitak ya mengambor alu = coba kita susun barang kita yang berserakan sekali
Tertilit-tilit = mengintai
Apa yang kamu intai anak perempuan orang itu tidak baik
Belon = pesawat terbang
Angol palak kamek lekak nait belon = pusing kepala saya sesudah naik pesawat terbang
Lejuk = bosan
Lejuk kamek mong nangga cita ya = bosan saya melihat cerita itu
Itok = teringat
Itok kamek dengan bekas gerek kamek = teringat saya dengan bekas pacar saya
Tedah = kasihan
Kepak = capek
Kayokayo = mondar-mandir
Plenter = bercanda
Kinektok = sekarang
Biak = anak
Nembiak kecik = anak kecil
Tiga igek tiga = tiga kali tiga
Ceridak = mengotori
Anang mancalmancal = memang bandel-bandel
Arap = berharap
Iboh = jangan
Mintak = minta
Sila = jemput
Tolong = tolong
Engkah = letak
Macam apa = apakah
Aruk = goreng
Adek = aduh

Adoh heh = aduhai
Ee = amboi
Cis = cis
Aie eh
Nah = nah
Waseh = wah
Tesimbak = terangkat
Terkangkang = terbelak
Paloi = bodoh
Juak = juga
Kah = kah
Agik = lagi
Lah = lah
Pun = pun
Ajak = saja
Pakei = pakai
Pikei = pikir
Balat = sangat
Paling = paling
Nang = sungguh
Burit = punggung
Dapo api = dapur
Api = lampu
Gilak = sangat
Bena = sungguh
Bena = benar
Akan = akan
Antara = antara
Bagi = bagi
Dalam = dalam
Dari = dari
Daripada = daripada
Demi = demi
Dengan = dengan
Kat = di
Sampei = sampai
Ke = ke
Kepada = kepada
Segal = kerana
Gar = mengambil
Atau = atau
Bahawa = yang
Dan = dengan
Mun = jika
Masa = selama
Sementara
Sementara = sementara
Serta = serta
Seterusnya = seterusnya
Tapi = tetapi
Walau = walapun
Nak = yang
Makei = melalui
Oleh = oleh
Kat = pada
Pukul = jam
Sambil = sambil
Entam = sebab
Apak = bapak
Nembiak = anak
Nembiak kecik = anak kecil
Emak = ibu
Cekgu = guru
Bini = istri
Gerek = kekasih, pacar
Orang laki = laki-laki
Orang mpuan = perempuan
Laki = suami
Sebelum = sebelum
Sejak = sejak
Lepas = sesudah
Kedak = bagai
Macam = seperti
Tentang = tentang
Terhadap = terhadap
Untuk = untuk
Asuk = anjing
Manok = ayam
Manok = ayam
Burung lang = burung elang
Pusuk = ikan bilis
Ramak = ketam angin
Pusak = kucing
Kurak = kura-kura
Kerak = monyet
Nimang = murai
Nimang batu = murai batu
Kuak = wak wak

Dari berbagai sumber

Minggu, 09 April 2017

Pengenalan Bahasa Serawak

Bahasa Serawak adalah bahasa yang digunakan penduduk negara bagian Serawak, Malaysia. Bahasa Serawak terdiri atas beberapa dialek, yakni : dialek Kuching, Miri, Sri Aman, Kota Samarahan, Bintulu dan Sibu. Pengucapan huruf R dalam bahasa Serawak menggunakan GH yang berasal dari huruf Arab غ  Ghain.

Berikut beberapa kosa kata dalam bahasa Serawak dan artinya :
Sik = tidak
Sik ada = tidak ada
Sikboh = jangan
Kenak = kenapa
Sinun = disana
Siney = dimana
Ney = mana
Sidak = orang
Empun = punya
Kinektok = sekarang
Dudi = kemudian
Ari marek = kemarin
Ari ya = hari itu
Lawa = sombong
Bulak = bohong
Tukuk = ketuk 
Palu = pukul
Tikam = lontar
Manjak = manja
Riso = risau
Biak = anak
Miak kecil = anak kecil
Motor = kereta
Paloi = bodoh
Debah = dibawah
Nyaman = sedap
Lamak = lamak
Temu = jumpa
Pusak = kucing
Asuk = anjing
Gelik = geli
Manok = ayam
Gadung = hijau
Lejuk = bosan
Belon = pesawat terbang
Kamek = saya
Kitak = kamu
Nya = dia
Sidaknya = mereka
Sitok = sini
Sinun = sana
Kelakar = bercanda
Mada = memberitahu
Ya = itu
Bait = baik
Tedah = kasihan
Berayi = rindu
Mancal = nakal
Rindok = gembira
Tandak = menari
Ngegeh = beraksi
Gurin = berbaring
Paluk = pukul
Berdengah = menunjuk-nunjuk
Manok = ayam
Sepetar = rumah sakit
Ngelala = mengenali
Seliuh = selauk
Merayau = mengeluh
Jeraya = jalan raya
Lawa = sombong
Ari marek = kemarin
Tek = tadi
Tukuk = ketuk
Ngelepar = berjalan
Lawa = angkuh
Perei = tertawa terbahak-bahak
Acap = genangan
Serik = jarak
Gago = sibuk
Gula-gula = kencing manis, diabetes
Aku = aku
Tak = anda
Nya = dia
Kawu = kamu
Kitak orang = kalian
Kamek orang = kami
Kita = kita
Sidak = mereka
Gula-gula = gula batu
Leput = lemah
Layap = leka
Apa = apa
Macam ni = bagaimana
Bapa = berapa
Ni = mana
Kenak = mengapa
Sapa = siapa
Nangga = tengok
Polah = buat
Sana = sinun
Sini = siotok
Situ = siapa
Tapak = pinggan
Cangkey = cawan
Sik lalek = tak kisah
Ngelepar = lari
Tukuk = ketuk
Congek = menangis keras
Jaik = jahat
Macam tok = begini
Macam ya = begitu
Tok = ini
Ya = itu
Ngereco = bising
Tebik = keampunan
Bukan = bukan
Tak sik = tidak
Polah = buat
Mbiak = anak
Akan = akan
belum = belum
Nak = akan
Belum = belum
Mesti = harus
Hendak = maok
Masih = masih
Pernah = pernah
Agik = panas sedang
Dah = sudah

Dari berbagai sumber